Kalian penggemar Koes Plus? Gabung saja di komunitas ini

Kalian penggemar Koes Plus? Gabung saja di komunitas ini

Posted by

Kalian penggemar Koes Plus? Gabung saja di komunitas ini

Siapa yang tidak kenal dengan Band Koes Plus. Grup musik legendaris yang terkenal pada tahun 1970-80an ini memiliki banyak penggemar hampir di seluruh wilayah di tanah air, termasuk Kota Bandung.

Adalah Jiwa Nusantara Bandung Koes Plus Community (JNBKC), salah satu komunitas penggemar dan pelestari musik Koes Plus yang ada di kota kembang. Komunitas ini berdiri pada 23 Oktober 2004 oleh Wawan Ruswan.

Awalnya Wawan yang saat itu bekerja di bidang event organizer (EO) sering menggelar pertunjukan lagu-lagu Koes Plus di salah satu kafe di kawasan Jalan Asia Afrika. Kebetulan di kafe itu juga dia diberi space untuk mengisi salah satu counter dengan beragam hal tentang Koes Plus.

Di situ saya pamerkan kaset-kaset Koes Plus lama. Untuk satu tahun pertama memang sepi, tetapi sejak saya sering bikin event ternyata penggemar Koes yang awalnya menyebar jadi sering ngumpul di sini. Jadi sebenarnya penggemar Koes Plus itu banyak, kemudian saya himpun yang terserak hingga akhirnya terbentuk Jiwa Nusantara Bandung Koes Plus Community (JNBKC) pada 23 Oktober 2004.

Wawan, yang juga pendiri JNBKC itu mengungkapkan, dirinya menjadi salah satu penggemar Koes Plus karena grup musik yang digawangi oleh Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Totok Adji Rahman, dan Murry ini menjadi salah satu grup musik yang menjadi tonggak sejarah musik Indonesia, khususnya untuk musik industri. Koes Plus, kata dia, adalah inspirasi bagi tumbuh kembangnya musik Indonesia.

Sekelas musisi seperti Erwin Gutawa, Chrisye, Noah saja menyanyikan lagu-lagu Koes Plus. Ini artinya sebuah pengakuan terhadap karya musik Koes Plus yang sangat luar biasa.

Kehadiran komunitas ini, kata dia, menjadi semacam obat kerinduan terutama para orang tua terhadap musik-musik Koes Plus. Ada beragam kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas ini. Hampir setiap pekan mereka berkumpul sebagai ajang silaturahmi antar sesama anggota. Komunitas ini juga rutin menggelar acara pentas musik yang membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Selama 11 tahun komunitas ini berjalan telah lebih dari 100 event live musik digelar. Dari event ini kemudian lahir puluhan band yang membawakan musik Koes Plus.

Band Koes Plus yang saya bina di bawah komunitas ada lebih dari 23 band. Seperti B Plus, Freelane, Bioplus, Doelplus, Koesfans, Parahyangan Band, Sweetplus, Basplus, Hadeplus, Fourplus, Divaplus dan lain lain. Misi saya hanya ingin memperbanyak saudara dan melestarikan musik Indonesia.

Selain itu, lanjut Wawan, karena penggemar musik Koes Plus sangat banyak, komunitasnya juga sering diundang dan mendapat tawaran untuk menjadi pengisi acara di radio-radio di Bandung.

Untuk saat ini ada Saung Komunitas Koes Plus di RRI Bandung. Acara ini digelar setiap bulan di pekan pertama setiap Jumat pukul 7-11 malam. Luar biasanya penggemar yang datang tidak hanya dari Bandung tetapi juga dari Bekasi, Jakarta, Tasikmalaya, Garut juga datang.

Tidak hanya sekadar kumpul-kumpul dan bernyanyi, komunitas ini juga aktif di kegiatan sosial. Adapun untuk kegiatan sosial biasanya dilakukan membantu para korban bencana seperti banjir, tsunami, santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Selain itu untuk lingkungan kita juga aktif lakukan penanaman pohon.

Saat ini jumlah anggota JNBKC ada lebih dari 1000 orang. Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari PNS, TNI, polisi, guru, pensiunan. Sebagian besar anggota memang berumur 30 tahun ke atas, namun tidak sedikit pula anggota yang berasal dari kalangan muda.

Yang muda-muda juga banyak. Ada mahasiswa dan pelajar yang ‘dicekoki’ musik Koes Plus oleh orangtuanya.

Bila Kalian masih penasaran dengan komunitas ini, Kalian dapat memantau kegiatan mereka di media sosial. Untuk Facebook yakni Jiwa Nusantara Bandung Koes Plus Community.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *